Cari Blog Ini

Laman

Sabtu, 14 Agustus 2010

Asal muasal Tasawuf

Para ulama berbeda pendapat tentang awal kemunculan kata tasawwuf dan penggunaannya, sebagaimana mereka berbeda pendapat tentang asal-usul dan definisinya. Ibnu Taimiyah dan sebelum itu Ibnu Al-Jauzi dan Ibnu Khaldun menyebutkan bahwa kata sufi tidak dikenal di tiga abad pertama hijriyyah, namun pembicaraan tentang tasawuf dikenal setelah itu.
As-Sahruradi mengatakan,"Kata tasawuf tidak dikenal pada zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Ada yang mengatakan bahwa kata tersebut dikenal pada masa tabi'in.
Abdur Rahman Al-Jami menegaskan,"Abu Hasyim Al-Kufi adalah orang yang pertama kali dipanggil dengan nama sufi dan sebelumnya tidaka ada seorang pun diberi nama dengan nama tersebut. Khaniqah (tempat khusus orang-orang sufi) yang pertama kali dibangun ialah khaniqah di ramlah,Syam. Latar belakang pembangunan bangunan tersebut ialah seorang gubernur yang beragama kristen pergi berburu kemudian melihat dua orang sufi. Setelah melihat akhlak dan sempat berdialog, sang gubernur senang dan membangunkan untuk kedua sufi tersebut sebuah khaniqah.
berlanjut, insyaallah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar